Apa Itu Infertilitas?

Melanjutkan ulasan terkait dengan tips hamil kali ini, kami akan mengulas mengenai masalah ketidaksuburan (kemandulan) baik itu pada wanita maupun pria. Masalah ini sangatlah menghantui tiap pasangan yang belum berhasil mendapatkan kehamilan.
Menurut dunia medis Infertilitas adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pasangan yang belum mempunyai anak walaupun sudah berhubungan intim secara teratur tanpa alat kontrasepsi dalam kurun waktu satu tahun.
Bagaimana dengan Anda dan pasangan? Apakah sudah termasuk dalam kategori tidak subur (infertil)? Jika telah melakukan hubungan intim tanpa menggunakan alat kontrasepsi namun belum juga berhasil hamil, maka ketahuilah sudah berapa lama program tersebut dilakukan. Sesuai dengan keterangan diatas, maka apabila telah mencapai waktu 1 tahun namun belum juga ada tanda-tanda kehamilanmaka ada kemungkinan salah satu dari Anda menderita Infertilitas (ketidaksuburan).
Baiklah, untuk lebih jelasnya ada baiknya Anda ketahui masalah Infertilitas ini dengan lebih baik agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan benar. Secara medis Infertilitas terbagi dalam 2 jenis, yaitu infertil primer dan infertil sekunder.
  • Infertil Primer adalah Infertilitas yang terjadi pada wanita yang memang belum pernah hamil.
  • Infertil Sekunder terjadi pada wanita yang sudah pernah hamil dan melahirkan sevelumnya.
Secara umum yang banyak terjadi di tengah-tengah masyarakat saat ini adalah infertil primer. Seringkali masalah ini bisa diatasi dengan penanganan yang sederhana saja, umpamanya dengan melakukan pemilihan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual, menghindari pola hidup tidak sehat seperti begadang, merokok, jarang olahraga dan sebagainya. Bahkan bisa kadang-kadang hanya dengan mengubah beberapa kebiasaan saja.
Penyebab Infertilitas (kemandulan)
Untuk mengatasi kasus infertilitas banyak juga yang melakukan pengobatan dengan jalan terapi khusus dengan selalu dipantau oleh dokter. Sebagian besar masyarakat mengenal dengan baik apa itu infertilitas, namun sungguh disayangkan karena masyarakat kita masih banyak yang menganggapnya sebagai sebuah Aibatau Musibah.

Hingga masih ada saja sebagian orangtua yang menyalahkan perempuan sebagai penyebab ketidakmampuan pasangan memiliki keturunan. Sebaliknya lingkungan seharunya mendukung agar bisa menemukan solusi atau cara cepat hamil bagi si wanita.
Jadi perlu dirubah pandangan mengenai wanitalah peyebab utama tidak kunjunnya pasangan mendapatkan keturunan karena infertilitas juga terjadi pada pria. Bahkan sebuah penelitian tentang masalah kesuburan menyatakan bahwa:
Infertilitas yang terjadi adalah 40% akibat pria, 40% akibat perempuan dan sekitar 30% akibat keduanya.
Hasil dari penelitian di Indonesia setidaknya ada 12% atau sekitar 3 juta pasangan yang bedomisili dikota maupuun desa mengalami infertilitas atau tidak kunjung mendapat kehamilan hingga tahun kedua usia pernikahannya. Ilmu kedokteran saat ini baru sukses menolong separuh dari jumlah pasangan infertil guna memperoleh keturunan yang diinginkan. Tidak hanya bagi orang yang telah berumah tangga, namun untuk kaum remaja mengetahui apa itu Infertilitas , jenis dan peyebabpenyebab Infertilitas sangatlah penting.
Kemandulan bisa dicegah sejak dari dini, terutama bagi remaja hendaknya rutin memeriksa kesehatan reproduksi mereka. Penanganan Infertilitas adalah masalah kompleks dan melibatkan beberapa disiplin ilmu kedokteran, dan salah satu ahli kandungan yang sudah sangat dikenal adalah dr. Rosdianan Ramli SpOG, untuk lebih jelas mengenai semua hal terkait Infertilitas bisa Anda temukan pada » Buku Cara Cepat Hamil dr. Rosdiana.

Ads Inside Post

pasang iklan anda di sini